Makan di KFC "Dihadiahi" CD. Yakin Itu Gratis?



Siapa yang tidak mengenal ayam goreng berlogo kakek berjenggot dan berbaju merah di Banda Aceh ini? Saya rasa hampir seluruh warga Banda Aceh tahu restoran cepat saji yang saya maksud tersebut.

Iya. Kentucky Fried Chicken atau yang sering disingkat KFC. “Kakek” sebutan kerennya.

Saya baru saja dari sana untuk makan malam bersama keluarga saya. Saat saya masuk, antrian di meja kasir sungguh panjang. Saya sabar menunggu sembari melihat-lihat menu yang digantung di belakang meja kasir sedangkan keluarga saya sudah duduk manis di kursi di dekat pintu.

Tibalah giliran saya. Seperti biasa, saya disapa terlebih dahulu oleh si Kakak Kasir lalu saya ditanyai ingin pesan apa. Saya menyebut nama sebuah paket dan menanyakan dengan jelas apa saja isi paket tersebut. Tapi kemudian si Kakak Kasir bertanya berapa jumlah orang yang akan makan. Saya menjawab lima.

Ia lalu mengambil sebuah kertas berisi gambar paket menu yang cocok untuk jumlah anggota keluarga saya.

Ia menerangkan dengan cepat kepada saya.

“Kakak, ini ada paket yang untuk berlima. Lima ayam, terdiri dari tiga dada dan dua paha, lima nasi, lima minuman, lalu ada empat goceng gratis.”, ia berbicara sembari menunjukkan gambar ayam, nasi, gelas minuman, dan menu goceng. Saya memang melihat ada gambar kotak CD di menu tersebut.

“Oh, pasti itu gratisnya.”, saya pikir.

Sudah biasa kan mendapat CD gratisan ketika makan di KFC?

Saya setuju memesan menu paket tersebut, si Kakak Kasir dengan sigap menyiapkan pesanan saya. Selang beberapa waktu, sampailah dua nampan berisi pesanan saya dan kemudian dia menyebutkan nominalnya.

“Seratus sembilan puluh tiga ribu rupiah.”

Saya kaget. Tidak biasanya makan di KFC sampai semahal ini. Tapi saya tetap mingkem karena saya pikir mungkin harga menunya memang sudah naik.

Si Kakak Kasir kemudian meletakkan setumpuk CD di hadapan saya.

“Silahkan dipilih 2 CD-nya, Kak.”

Hmm….ini gratisannya. Saya pun sibuk memilih sembari si Kakak Kasir menyelesaikan transaksi.

Dua CD terpilih lalu struk keluar dari mesin pencetak. Saya pun segera bergegas ke meja dimana keluarga saya sudah menunggu.

Tidak ada masalah yang terjadi. Kami makan dengan lahap sambil bercanda dan mengobrol.

Namun, saat akan selesai makan, kakak ipar saya nyeletuk.

“Dek, coba lihat struk tadi. Temen Kakak pernah cerita, katanya CD yang kita dapet ini dimasukkan ke dalam struk.”

Saya kaget. Tapi masa sih?

Lalu cepat-cepat saya mengambil struk dari dalam tas.

Dan ternyata benar.

2 CD tersebut ternyata bukan GRATIS, tapi kita BELI. Dan itu jelas tertera di dalam struk.



Pernahkah kalian aware masalah ini? Sudah berapa kali tertipu? Sudah berapa banyak tumpukan CD dari KFC yang telah kalian “beli” secara tidak sadar?

Ternyata tidak tanggung-tanggung, harga satu buah CD adalah Rp 35.000,-. Saya “mendapat” 2 CD, itu berarti harga yang harus saya bayar adalah Rp 70.000.-. Jadi sebenarnya, total pesanan saya hanyalah Rp 123.000,-

Kita cenderung tidak lagi melihat struk dengan teliti setelah membayar dan mendapatkan pesanan kita. Kita pikir, memesan dalam bentuk paket pastilah lebih hemat dari memesan per potong.

Itulah yang tadi terjadi pada saya, disebutkan nominal mendekati 200 ribu saya hanya kaget namun lalu berusaha mewajarkan nominal tersebut dengan alasan yang saya buat sendiri, yaitu mungkin harga bahan baku yang sudah naik, maka pihak resto terpaksa menaikkan harga jual produknya.

Tapi ternyata tidak.

Lalu apa yang terjadi setelahnya?

Kami meminta pelayan di KFC untuk memanggil atasannya atau siapapun yang berwenang. Tidak berapa lama, asisten manajer resto cepat saji itu menghampiri meja kami.

Mulailah Ibu saya komplain dan menyebutkan bahwa pihak KFC telah menipu konsumen. Tidak tanggung-tanggung bahkan kakak ipar saya menyebut kata-kata “penipuan” dan “pemerasan” untuk mengungkapkan kekesalannya. Penipuan, karena pihak KFC jelas-jelas tidak menerangkan bahwa CD tersebut dimasukkan ke dalam tagihan yang artinya tidak GRATIS namun harus dibayar. Pemerasan, karena menurut asisten manajernya, untuk dapat menikmati paket menu tersebut konsumen HARUS membeli CD tersebut.

Lalu saya –sebagai pemesan- juga ikut menimpali. “Seharusnya ada penjelasan dari kasir bahwa CD-CD ini tidak gratis melainkan harus bayar. Konsumen berhak diberikan pilihan. Karena tidak semua konsumen membutuhkan CD-CD ini.”

Ibu saya menambahkan, “Sebenarnya KFC ini jual ayam atau jual CD? Kalau memang mau jual CD, tutup saja restonya.”

Menghadapi komplain yang tidak henti-hentinya dari saya, Ibu, dan kakak ipar saya, si Asisten Manajer pun kewalahan. Beragam penjelasan ia paparkan, mulai dari masih tersedianya paket lain yang non-CD hingga itu adalah peraturan pusat dan harus diberlakukan. Tapi memang si Kasir jelas-jelas tidak menjelaskan pada saya bahwa ada CD yang harus saya BELI bukan GRATIS untuk bisa memesan paket tersebut.

Akhirnya, ia bertanya, “Jadi sekarang Ibu maunya seperti apa?”

Tanpa segan Ibu saya menjawab, “Saya mau uang saya kembali seharga dua CD ini.”

Si Asisten Manajer mengiyakan dengan embel-embel “kali ini akan kami kembalikan”.

Akhirnya, uang 70 ribu rupiah kembali ke dompet saya dan sepertinya saya tidak akan kembali lagi ke restoran cepat saji itu.

Seharusnya, kita sebagai konsumen lebih selektif dan ‘rewel’ terhadap barang yang ingin kita konsumsi. Dan seharusnya pihak yang menjual dapat memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada calon konsumen mengenai produknya, tidak menjebak seperti kasus yang saya alami tadi.

Semoga ini dapat menjadi pelajaran bagi saya dan saya berbagi dengan anda agar kita bisa lebih ‘cerdas’ sebagai konsumen mengenai barang yang akan kita konsumsi.

22 komentar:

  1. kalau hendra memang udah tau kalau itu bayar, jadi pasti nilak kalau dikasi paket cd sih.

    BalasHapus
  2. Anonim10.01.00

    "saya tidak akan kembali lagi ke restoran cepat saji itu"

    iya laa.. kan malu deng kalo kembali lagi.. hahahaha

    @reza_revo

    BalasHapus
  3. K' Raisa10.20.00

    Mungkin bagi yg udah menyadari, Alhamdulillah.Tapi gimana bagi mereka yg belum menyadari, tulisan ini berguna banget bagi kita yg belum menyadarinya..

    Keep Going to criticize all things that we expect it's not properly..

    Welldone, sist.

    BalasHapus
  4. Kalo nipu gt mending ga usah dibeli lagi, beli masakan lokal aja jauh lebih berkualitas dan bergizi

    BalasHapus
  5. kalo mau itung2an beli satuan lima orang yah, 5pcs ayam crispy +- 68rb, nasi x3 19500, friench fries reg x2 30rb, pepsi x5 47500, menu goceng x4 22rb = 187000. ya situ cm nambah 6000 udah dapet 2 CD yg harga per pcs-y 35rb. kalo dpikir2 ya ga rugi lah... itu sblm harga naik.

    BalasHapus
  6. Kalo saya pergi ke kfc krn kadang di mall jajanannya mahal2. Jadi ga ada salahnya mampir ke kfc. Hehehhe.. malah kadang sengaja nyari gratisannya n dapet voucher diskon

    BalasHapus
  7. Anonim09.35.00

    Modus Penipuan KFC ini sampai sekarang masih berlangsung dan nampaknya di semua gerai KFC ada modus penipuan ini.
    Beberapa bulan lalu saya mendapatkan CD tanpa menyadari kalau ternyata harus membayar dan Kemarin tgl 26/05/2014 saya mengalaminya lagi dan baru menyadari setelah melihat struknya.

    * karena ada itikad dagang yang tidak baik dari KFC, maka sejak kejadian kemarin saya tidak mau lagi makan produk KFC

    BalasHapus
  8. Biasanya di Indonesia memang seperti itu keadaannya, selalu mengambil keuntungan dengan cara yang salah.
    jika kita keluar negeri cara seperti itu tidak ada, saya di saudi arabia sering makan KFC dan tidak ada hal tipu2 kayak gini, kalo di saudi arabia memang sistemnya paketan dan itu hanya paket menu saja tanpa embel-embel hadiah.

    BalasHapus
  9. Anonim17.10.00

    Thats right lady.
    Gw jg, kemaren jajan dapet harga 6 ribu, cuman buat minum.
    gila' pajak@ ampek 1400
    mending saya beli es kriem biasa, taruh es batu n langsung jadi.
    kenapa ya pegawainya seperti itu lady ?
    di indomaret juga, kalau misalnya kita beli sikat igig itu 7 atau 8 rb yang bagus, nah
    yang ini harganya 15rb.
    nah, itu mau jualan punya orang atau jualan punya sendiri :)

    BalasHapus
  10. Anonim13.27.00

    Saya juga kemaren seperti itu,jadi merasa dipaksa beli cd,makanan udah diperut tapi hatiku msh ngrundel aja,habisan sebel bangetttt

    BalasHapus
  11. Anonim20.48.00

    Sama persis dengan yang saya alami barusan..tapi bedanya saya baru sadar sesaat sampai dirumah..jadi telat buat complaint..penipuan

    BalasHapus
  12. Waktu papa saya baru dateng dari luar kota, papa naro CD dari KFC di meja kamarnya. Pas saya liat CD itu saya langsung ketawa

    "Hahaha.. papa ketipu juga!"

    BalasHapus
  13. Kalo menurut saya sih malah Untung beli CD di KFC, apalagi kalau misalnya CD yang di dapat adalah dari penyanyi favorit. Soalnya Harga CDnya lebih murah ketimbang kita beli di Toko CD. Contohnya seperti yg tertera di dalam struk diatas, CD NOAH di KFC 35rb. Kalau beli di Toko CD 50rb. Mendingan di KFC bisa sekalian makan...

    BalasHapus
  14. Kalo menurut saya sih malah Untung beli CD di KFC, apalagi kalau misalnya CD yang di dapat adalah dari penyanyi favorit. Soalnya Harga CDnya lebih murah ketimbang kita beli di Toko CD. Contohnya seperti yg tertera di dalam struk diatas, CD NOAH di KFC 35rb. Kalau beli di Toko CD 50rb. Mendingan di KFC bisa sekalian makan...

    BalasHapus
  15. Sy tdk makan daging.. jd g pernah dapat cd.

    BalasHapus
  16. Sayapun pernah ketipu sama resto berlogo kake tua, bis kata kasir mas ini gratis silahkan mau pilih mana eh pas udah di mobil di cek malah masuk struk, parah.

    BalasHapus
  17. Itu masih mending kejadiannya. Saya aja pas berkunjung ke resto kfc saya dimarahi manajer kfc , diusir keluar.

    BalasHapus
  18. Itu masih mending kejadiannya. Saya aja pas berkunjung ke resto kfc saya dimarahi manajer kfc , diusir keluar.

    BalasHapus
  19. Saya komplaian ke customer service kfc, bukannya manajer kfc minta maaf yg ada saya dimusuhi manajer kfc. Manajer kfc tidak kena pecat.

    BalasHapus
  20. 01/08/2017
    Gw sama istri dan anak lapar pass ada gerai loc di jln mt haryono solo sy di tawari paket utk 3 org ,pelayan ngomong cepet sekali dan sebelum sy bayar dia nyodorin CD katanya gratis sy srh milih giliran pembayaran habis 124000 dlm hati gw kaget mahal amat giliran selesai makan iseng iseng sy lihat bill pembayaran ternyata CD masuk ke struck dgn harga 35.000+ PPN 10% jadi total harga CD 38.500 baru sadar gw ke tipu
    Bener bener modus penipuan.

    BalasHapus
  21. Sama gan sy juga kena di kcf makassar modus kayak gini juga ada,

    BalasHapus
  22. Ane Mah Sudah Tahu
    Tapi Kalau Makan
    Beli Yang Ada CDnya
    Ane Kan Collector CD

    BalasHapus