Tentang Mimpi. Juga Nyata.




Saya gak tau apa ada yang juga ngalamin apa yang saya alamin saat bermimpi. Saya gak bisa kategorikan ini mimpi indah, mimpi buruk, atau mungkin mimpi basah? (yang terakhir berlabel 18+) Karena jelas-jelas rasanya bukan seperti mimpi. Tapi terasa nyata.

Mimpi kayak apa yang saya maksud?

Let me explain it…

Belakangan ini rilis film Hollywood yang berjudul Inception yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Pernah nonton kan?

Yup. Inception ini menceritakan tentang metode mimpi yang dipakai untuk menanamkan cikal-bakal ide di kepala seseorang, artinya ada yang mengendalikan mimpi orang lain untuk mempengaruhi pikiran demi sebuah kepentingan sebuah pihak. But, that’s not the point.

The point is…

Di saat pertengahan menuju akhir film sebelum tulisan the end diceritakan bahwa mimpi itu bisa bertingkat. Iya, mimpi di dalam mimpi. Maksudnya adalah, kita yang sedang tidur bermimpi, di dalam mimpi itu kita juga sedang tertidur dan juga sedang bermimpi. Ini disebut mimpi level 2 –bermimpi di dalam mimpi.

Semakin tinggi level mimpi seseorang, maka semakin susah ia untuk bisa terbangun atau dibangunkan. Karena prosedur yang diperlukan untuk bisa benar-benar bangun adalah si pemimpi harus bisa sadar atau terbangun di setiap mimpinya secara berurutan. Jika di salah satu mimpi ia belum bisa terbangun, maka ia belum bisa terbangun di dunia nyata.

Seems pretty scare, huh?

Itu yang saya alami di malam hari. Seringnya. Dan itu belum seberapa parah.

Mimpi tapi sadar, pernah mengalaminya?

Kamu tidur, bermimpi, sangat mengerikan, kamu ketakutan, lalu kamu terbangun. Ya! Kamu terbangun! Kamu telah sadar! Kamu tahu kamu sedang di kamar, di atas tempat tidur, memeluk guling, tetapi anehnya kamu tidak mampu membuka mata bahkan menggerakkan organ tubuhmu sendiri. Kamu berusaha sekuat tenaga untuk bisa membuka matamu, menggerakkan lenganmu sementara mimpi masih terus berlanjut dalam keadaan kamu yang sadar. Dan berhasil! Lenganmu bergerak, kamu menarik bantal lalu melemparnya jatuh ke lantai. Tapi… Kamu hanya berhasil membuka sedikit matamu, lalu…  Seperti ada kekuatan lain yang memaksamu untuk menutup matamu kembali agar kamu bisa kembali ‘menikmati’ visualisasi mimpimu.

Tidak ada mimpi sejenis itu yang punya cerita indah, seenggaknya dari pengalaman saya. Seindah dan senormal apapun jalan ceritanya kamu akan tetap ketakutan dan panik. Karena apa? Karena kamu gak bisa terbangun dari mimpimu sendiri dan kamu sudah dalam keadaan sadar.

Saya pernah bermimpi sedang bermimpi. Lalu terbangun di dalam mimpi setelah berjuang keras membuka mata dan menggerakkan organ tubuh. Saya ketakutan, berkeringat hebat, langsung melompat dari tempat tidur dan berlari tergesa menuju dapur. Di situ, di dalam mimpi itu, kakak ipar saya sedang menyuci piring. Saya menghampirinya, mencengkram kencang tangannya, dan berteriak,

“Jangan biarkan saya tertidur lagi!”

Lalu entah bagaimana, saya sudah kembali melihat tubuh saya berbaring di tempat tidur. Di sebelah saya ada abang dan satu orang teman saya. Mereka sedang bercakap-cakap. Dan disitu saya juga sedang berjuang untuk terbangun. Saya tahu, saya sadar ada abang saya dan seorang temen disitu.

Saya cengkram tangan abang saya setelah melalui perjuangan keras untuk dapat bergerak. Namun mata saya masih tertutup rapat. Abang saya kaget, ia lalu mendapati nafas saya yang naik-turun dengan cepat dengan mata masih tertutup. Ia mengguncang-guncang tubuh saya, mencoba membangunkan saya, memanggil-manggil nama saya.

Tidak lama semuanya berubah gelap total…

Ya. Saya berhasil bangun dari mimpi saya dan sekarang saya tinggal menghadapi satu tingkat mimpi lagi untuk bisa sepenuhnya terbangun. Dan perjuangan yang saya butuhkan untuk bisa benar-benar sadar di tiap mimpi sama. Maka, setelah benar-benar sadar nanti saya akan merasa sangat kelelahan, ketakutan, tapi sangat mengantuk dan mengundang saya untuk kembali tertidur. Bukan tidak mungkin saat saya jatuh tertidur lagi, saya akan terperangkap lagi.

Saya mencoba mencari tahu masalah ini dan dari hasil search di google saya mendapatkan nama untuk kejadian yang saya alami, yaitu REM atau Rapid-Eye Movement. Sila dicek jika berkenan. Saya teramat malas menjelaskannya disini.  dizzy crazy rabbit

Kelumpuhan tidur
Kelumpuhan Tidur adalah kondisi yang mempengaruhi banyak orang di dunia. Hal ini berhubungan langsung dengan keadaan tidur REM dan mimpi. Kelumpuhan tidur berhubungan dengan atonia REM, yaitu keadaan kelumpuhan yang terjadi selama tidur REM. Seseorang mengalami kelumpuhan tidur ketika otak bangun dari siklus tidur REM, tapi keadaan lumpuh tetap terjadi. Orang tersebut sadar, tapi tak dapat bergerak. Mereka terus bermimpi dan dalam banyak kasus, mereka dapat mengalami secara visual mimpi mereka di dalam kamar mereka. Seseorang yang mengalami kelumpuhan tidur tidak sadar sepenuhnya, tapi tahu apa yang sedang terjadi. Pengalaman ini disebut sebagai gangguan pandangan terowongan. Keadaan lumpuh dapat diikuti oleh halusinasi ekstrem dan perasaan takut.

Saya lega saat mengetahui ada penjelasan ilmiah untuk yang saya alami. Saya selama ini berpikir, seperti yang dikatakan orang tua, you know…some kind of evil stuff. Istilah orang tua dulu, ditindih. Iya, penjelasannya itu jadi ada semacam setan atau iblis yang menindih kita ketika kita sedang tidur maka kita kesulitan untuk bangun.

Belum diketahui apa penyebabnya. Jadi gak ada cara untuk bisa mencegah atau menghindarinya.

Saya berharap ada yang pernah mengalaminya juga agar bisa berbagi pengalaman jump pink mouse

Anyway, saya sudah sampai mimpi level 3. Kamu?

gambar diambil disini: http://fc03.deviantart.net/fs70/i/2012/194/9/f/wake_me_up_from_this_bad_dream_by_paatkaa-d57246v.jpg

27 komentar:

  1. Anonim02.56.00

    wahh.. keren udah nympe level 3, bisa dapat bonus tuh... hehe justkid ^_^
    uhuk..uhuk
    jd sy juga prnah ngalami hal yg sama kok seperti yg anda alami 3x malah, sadar sudah terjaga tp tdk dpat menggerakkan anggota tubuh.. untk pertama, ya emang betul cukup membuat sy ketakutan,. bsa jd gara2 kecapek an, atw emang salah posisi tdur, yg jelas secara ilmu pengetahuan it bs saja terjadi,. terserah emang kalo ada mitos yg katanya dihimpit jin lah, atw sbgnya..
    tp kalo untk mimpi yg bertingkat sih blom pernah,.
    info tentang REM ny bermanfaat, sy jd bru tw tntang itu..

    BalasHapus
  2. sudah bisa dapet payung cantik? hahahaa...
    katanya sih posisi tidur memang mempengaruhi. orang tua bilang, jangan tidur dalam posisi terlentang karena lebih mudah ditindih setan :D
    semoga gak akan pernah ngalamin mimpi bertingkat. saya jamin, gak ada enak-enaknya, karena semakin tinggi tingkatan mimpi, waktu di dalam mimpi itu juga semakin lambat berjalan. kamu bisa ngerasain bertahun-tahun di dalamnya, padahal di dunia nyata mungkin hanya beberapa menit.

    BalasHapus
  3. Anonim00.35.00

    masih blom,. kalo udah nympe level 5 baru dpat..
    tp gelas cantik dpat kok.. ^_^

    gk enaknya kenapa? kalo mimpi kt bagus kn gk apa?
    kan cuman mimpi,. kalo mimpi ny ketemu monster iya takut.. nah kalo ketemunya bunga citra lestari? atw angelina jolie? wah.. siapa yg gk mw ayo..

    hehe..:D

    BalasHapus
  4. saya pernah mimpi ketemu Kuo Pin Cho, artis taiwan, dulunya yg main serial The Outsiders. kalo kamu anak 80-90 an, saya rasa pasti tau serial itu.
    pokoknya demenan abegeh-abegeh waktu.
    saya sih mimpinya standar, ketemu dia trus kita ngobrol2. tapi tetep aja menakutkan.
    karena alam sadar saya nyuruh saya buat bangun sepenuhnya, tapi gak bisa. sedangkan alam bawah sadar saya terus bermimpi.
    sadar tapi gak bisa bangun, itu yang bikin takut.

    BalasHapus
  5. T_T haha setelah gue mengalaminya aku langsung search di google.. bner ketakutan ane setelah bisa bergerak, karena terasa sangat nyata

    BalasHapus
  6. Jujur gw udah pernah mimpi sampe level 7, dan sekarang kalo lagi hoki gw bisa ngendaliin mimpi, barusan gw baru bangun tidur abis ngendaliin mimpi gw. Mimpi 18+

    BalasHapus
  7. Saya sudah mengalami smua yang kamu alami, ,
    bahapkan saya prnh mimpi dipeluk seorang wanita tapi saya sadar saya itu bermimpi dan saya juga bisa mendengar percakapan teman2 saya disaamping saya , setwlah itu saya brusaha untuk bangun dan saya lupa waktu itu saya kelelahan apa gidak -_-

    Pokony saya curhat dengan orang lain yang saya anggap dapat mendengarkan crita saya mereka hanya mimpi ditindih, tapi kalau mimpi diatas mimpi mereka tak pernah $
    apa itu ada tandanya untuk kit -____- allahua'lamu bissshowab ... semoga kita dalam lindungan allah

    BalasHapus
  8. wah, senang sekali rasanya, ternyata banyak yang juga mengalami.
    semoga kita selalu diberi perlindungan dari-Nya :)

    BalasHapus
  9. Saya kemarin level 5 rasanya capeekk frustasiii mau buka mata kaya ditarik biar nutup lagii. Waktu sudah bangun, hal yg sama terulang lg sampai 4 kali

    BalasHapus
  10. Entah level berapa tpi mimpi ku berlapis lapis, hingga aku ketakutan dan ingin keluar, karena setiap bangun lagi dalam mimpi semakin tidak enak mimpi yang aku terima.

    BalasHapus
  11. Entah level berapa tpi mimpi ku berlapis lapis, hingga aku ketakutan dan ingin keluar, karena setiap bangun lagi dalam mimpi semakin tidak enak mimpi yang aku terima.

    BalasHapus
  12. ga tau apa .. aku mimpi di dalam mimpi, ngga cuma 4 atau 5 lapis, ini beneran banyaaak, yg keitung cuma 12, tp kayanya lebih, kadang aku bangun trus mimpi ngelakuin hal lain atau kadang dalam mimpi itu aku bangun dan ngga bisa ngelakuin apa2, di dua dr sekian mimpi itu aku bahkan sadar udh mimpi berlapis dan cerita ke orang lain, tapi ternyata aku belum bener2 sadar ..


    ampe pas di mimipi terakhir, ini kali ketiganya aku sadar kalo aku udh mimpi berlapis lg dan masih dalam keadaan mimpi, takut, pengen cepet sadar, tapi ngga bisa, ibarat bakal kekurung trus disana. tapi untung, akhirnya aku bangun karena getar hp yang aku simpan d atas perut..fyuuuuh , selamaaaat,

    ku coba searching2 tentang hal ini, aga serem soalnya, aku emg sering mimpi berlapis, biasanya 3 atau 4 lapis, trus pernah sekali2nya ampe 6 lapis, tapi ini rekor bangeet nyampe lebih dr 12 lapis ..

    di google aku nemu katanya kalo misalkan mimpi kita ngga akan bisa baca tulisan dan jam ngga akan berdetak, tapi di mimpi terakhir aku jelas2 sadar disodori kertas yang isinya tulisan dan aku baca plus nulis dibawahnyaaa ..

    tapi overall, untung masih bisa sadar dan balik ke dunia nyata, 😁😁

    BalasHapus
  13. Saya tadi bagi ngalamin sampai level 3 dan ya, posisi nya selalu berada didalam kamar saya. Tapi masalahnya, itu saya tidurnya setelah subuh dan makan waktu cukup lama buat keluar dari mimpi. Hasilnya, saya terlamat masuk sekolah dan gak mandi juga.

    BalasHapus
  14. Barusan saya juga mengalami mimpi dalam mimpi. Dan itu terjadi aecara berlapis untuk bangun. Entah itu level 3 atau 4. Capek banget buat bangun ke dunia nyata. Susah bedain, mana yang nyata dan mana yang mimpi.Anehnya refleks baca ayat kursi baru bisa kebangun dari mimpi dalam mimpi dalam mimpi. Alhamdulillah 😭☺

    BalasHapus
  15. Barusan saya juga mengalami mimpi dalam mimpi. Dan itu terjadi aecara berlapis untuk bangun. Entah itu level 3 atau 4. Capek banget buat bangun ke dunia nyata. Susah bedain, mana yang nyata dan mana yang mimpi.Anehnya refleks baca ayat kursi baru bisa kebangun dari mimpi dalam mimpi dalam mimpi. Alhamdulillah 😭☺

    BalasHapus
  16. Barusan gue mimpi .gue baru bangun dan mata gue ga bisa di buka..gue dgr ada napas orang d deket gue ( gue ngekos tdur sndri ) dan d dalam kmr mndi gue ada org ..karena mata gue yg sulit di buka ..otomatis gue lgsg kabur ke luar kamar. Anehnya setelah keluar kamar ..tiba2 gue berbaring lgi d kamar tdur gue dgn posisi mata yg ga bisa d buka .

    Gue coba keluar kamar lagi dan alhasil dengan gue berkedip tiba2 ada di kamar kembali dgn posisi yg sama. .berbaring di kasur ..
    4 kali gue bolak balik ke luar kamar tp hasilnya gue tetep kmbali ke kamar otomatis . dan terbangun karena tiba2 ada org yg masuk kamar gue .. 3 jam gue ga bisa bangun . gue brharep ini cuma mimpi biasa karena kecapean -_- . gue agak lega kerena ada penjelasan medis soal ini . thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bgt, aku barusan ngalamin bgttt 6.45 hari minggu 20 Mei'18
      Aku lbh parah, pas keluar kamar buat mnta tlong trnyata ada pistol ngelayang di atas kepala dan pas liat ke kosan lantai 2 ada cwe tinggi yg ngendaliin pistol itu :"""""""(

      Hapus
  17. Baru berhasil bangun setelah mimpi didalam mimpi . Susah bangun padahal udah berusaha teriak dn gerakan badan tetep susah. Sekali berhasil bangun ternyata masih dalam mimpi,, berulang terus sampai akhirnya bener2 bisa bangun,, jadi g bisa tidur,, takut,,

    BalasHapus
  18. Baru berhasil bangun setelah mimpi didalam mimpi . Susah bangun padahal udah berusaha teriak dn gerakan badan tetep susah. Sekali berhasil bangun ternyata masih dalam mimpi,, berulang terus sampai akhirnya bener2 bisa bangun,, jadi g bisa tidur,, takut,,

    BalasHapus
  19. sy barusan bermimpi dg ayah sy yg sudah meninggal sangat senang sekali bs ketemu dengannya tp sy heran nya sering terjadi disaat udah terlalu lama mimpi saya pun ingin bangun tp susah q mencoba berdiripun tp mata masih gk bisa melek q coba sampai 10 kali tetep gak bs membaca istighfar sy pun gk bs sadar trus sy memanggil ibu akhirnya pun sadar pada pas waktu bermimpi sy tau ibu berangkat belanja...sy pun bangun dan menunggu ibu sy datang dr belanja. ini terjadi karna sy merindukan sosok ayah yg telah meninggal dan merasakan kesediha dikala kakek teman sy dirumah sakit sebelum sy bermimpi

    BalasHapus
  20. Aku pernah tidur tapi mimpinya juga mau tidur... Jadi susah untuk bangun. Aku tau kalo itu mimpi tpi tetap ga bisa bangun... Aneh banget ga ada yg buat bngun...

    BalasHapus
  21. Ya sebagian mirip tapi..., saya melihat diri saya yang sudah terbagun berulang kali sebelumnya. Awalnya seperti kejadian dlm cerita itu.. setelah bersusah payah untuk bangun saya pergi kedepan untuk membangunkan ayah saya, tapi anehnya tiba" saya sudah berada di tempat tidur lagi dan kembali bangun dan ingin membangunkan ayah saya. Itu berulang terus sampai sekitar 4xmungkin hingga saya kembali terbangun dan melihat diri saya sendiri sedang membangunkan ayah saya. Kami saling menatap dan saling bertanya siapa kamu. Hingga akhirnya saya benar" terbangun. Di mimpi yang lain saya kembali berulang kali terbagun semua mimpi saya sangat jelas dan detail tempat semua benar, anehnya setelah kelelahan berulang kali bangun sesuatu membalut kepala saya hingga susah bernafas dan saya langsung terbagun. Bangun yg sebenarnya. Adakah seseorang yg bermimpi hampir sama dgn saya. Saya sangat kelelahan..

    BalasHapus
  22. Aku gak tau ini sama atau enggak, tp tadi malam aku terus ngelakuin mimpi bangun ternyata mimpi, bangun lagi ternyata masih mimpi, tapi semuanya aku sadar kalo lagi mimpi dan itu berlanjut berkali2
    pas mimpi pertama lumayan lama, terus lanjut yang kedua dan seterusnya cuman beberapa detik doang.
    Yang aku rasakan cuman heran dan sangat ketakutan

    BalasHapus
  23. Sama sih saya juga di kamar tapi di rumah yg saya gk tau dimana? Disitu saya ngeliat cewek seumuran saya kls 8 dia pakai seragam hari jum'at disitu ceweknya kaya duduk melayang(kaya pura" duduk) diatas badan saya jadi saya susah gerak disitu saya berdoa,nyembah Tuhan tapi gk tau knp rasanya mulut saya di dlm mimpi pengen nutup dan susah buka tapi saya melawan itu bener" kaya lagi Doa peperangan melawan Roh Jahat malah saya bisa berfikir di dlm mimpi kalau saya lagi di bawa Ibliz ke alm Roh ketika saya berdoa "dlm nama Tuhan Yesus tdk ada Roh jahat yg berhak atas tubuh saya" saya langsung bangun trus berdoa sama pakai minyak urapan. Dan dlm mimpi itu capek nyata.

    BalasHapus
  24. Saya juga merasakan mimpi seperti itu mimpi di dalam mimpi seru tegang cape teriak2 ngga ada yg dengar

    BalasHapus
  25. Saya juga perna mengalaminya rasanya sangat menakutkan. Saya terbangun karna mendengar sjara ternuata mama saya tak lama kemudian saya terbangin dan tak bisa bergerak membuka matapun saya tidak bisa. Akhirnya saya memejamkan mata dan berdoa. Dan tak lama kemudian saya bangun dengan perasaan kaget. Jantung memompa sangat cepat seperti saya sudah lari maraton. Itu sangat menakutkan aku tak ingin mengalaminya lagi

    BalasHapus
  26. Hari ini tgl 20 mei'18 aku jg baru dpt mimpi kaya gitu LAGI!!
    Memang aku bbrpa kali pernah mmpi yg sulit bangun dan kembali lg ke dlm mimpi. Tp utk 2 hari ini aku berturut2 mimpi sperti ini..
    Kmarin dan skrg, lalu wktu nya selalu sama aku tdr skitar jam 5.30 dan terbangun di jam 6.30 tp yg hari ini berarti lumayan lbh lama dr kmren krn bangun jam 6.49 an (aku lupa saking panik+ketakutan nya pas bgn tdr)

    Jd mimpi nya sama kaya komen2 yg ada sbelum nya kita terbangun dr mimpi berlari keluar kamar mnta tlong ke org lain dan balik lg ke kamar dan terbangun lg trs sperti itu malah yg hari ini kayaknya lama bgt dan capek secapek2nya mngkin lebih dr 12x sy bolak balik keluar masuk kamar bangun keluar lagi. Ada juga setelah sy bangun tiba2 sy lega tp tiba2 hujan di dlm kamar hal2 yg tdk logis bgitu yg bkin sy sadar klo sy msh di alam mimpi.
    Setelah itu sama juga, sy susah sekali rasa nya utk membuka mata dan setiap terbangun seakan semuanya nyata dan sy benar2 sudah terbangun. Tp ada bbrp kali jg yg sy melihat smua keadaan skitar kamar sy di dalam posisi selimut bantal tv pkonya smuanya tp mata sy sperti di paksa untuk terpejam lg!!
    Sampe ada jg sy cari hp, sy telpon kontak2 nya utk tnya apa sy sudah bangun atau belum. Ada jg mmpi pas hp ntah ada dimana pdhl sy tau jalan keluar agar sy benar2 bangun adalah memastikan hp melihat jam menghubungi org2.
    Tp yg lebih serem, di part2 trakhir mimpi sy keluar menangis di depan pintu kamar kosan sekencang2nya mngkin saking frustasi dan cape nya krn tdk terbangun juga. Lalu tiba2 ada pistol melayang di atas kepala sy pas di depan muka sy, sy minta ampun smbil menangis krn tkt tertembak dan akhrnya sy pun di tembak stelah itu sy ada lg di atas kasur dan bangun kembali. Sy keluar lg ada pistol itu melayang lg, tp sy liat ada perempuan tinggi di lantai 2 kosan sy, dia sperti membaca2 sesuatu tp krn sy sadar sy pura2 tdk melihat dia krn tkt lalu pistol melayang lg di kepala sy dan ditembakan kembali.

    Ntah sudah mmpi yg ke berapa sy bangun kembali, langsung bawa hp sy dan sy tlp ibu sy pacar sy. Sy ceritakan smua yg ada di mmpi ke ibu lalu sy menangis sejadi2 nya krn sy tkt klo ini smua msh d dlm mmpi dan sia2 drtd sy menjelaskan ke smua org bhwa sy mmpi aneh sperti ini, sy jg blg ke org tua tkt sy gila atau ada apa nya. Tp liatbada penjelasan medis dan bnyk jg temen2 yg ngalamin jd sy ga trll tkt tp ttp aja klo mmpi kaya gni terjadi lg sy enggak mau krn sangat tkt!!!! :""""""(
    Stelah mmpi jg sy posting di ig ttg mmpi aneh ini, sy mau liat apa ada yg merespon jika ada bs d pastikan sy sudah benar2 bangun. Dan skrg sy rasa memang benar sy benar2 bangun.

    Oh iya skedar share dan jg krn pengalaman, kita bs bedain mana yg msh d dunia mmpi dan sudah di dunia nyata yg paling gampang dr warna situasi saat itu klo kita msh d dunia mmpi meskipun smua tempat kejadian wktu sama sperti alam nyata tp klo msh d dunia mmpi warna nya akan lebih terlihat berkabut smentara klo kita bangun dan wrna nya cerah terang berarti memang sudah terbangun.
    Smoga tmen2 yg mengalami mimpi bertingkat kaya gni di sembuh kan ya, saya jg sama.

    BalasHapus