Saya dan Kopi


Dulu saya pernah punya keinginan mau nyobain satu-satu kede kopi yang ada di Banda Aceh ini. Tapi sekarang asa tinggal asa. Bukannya waktu yang gak punya, waktu sih banyak tersedia, tapi uang yang gak mencukupi lagi. Sebagai pengangguran newbie, jatah reman saya otomatis dipotong sama orang tua. Alasannya sih cukup logis, pengangguran, kemana-mana udah nggak, buat apa uang jajan banyak-banyak? Bukannya nggak cukup sih buat bayar segelas sanger dingin. Tapi saya udah mesti hemat-hemat. Ibu saya adalah tipe ibu yang udah ngasih duit jajan ke anaknya, suka dipinjem lagi. Saat dipinjem, saya mesti punya duit. Lah wong saya pengangguran, butuh apa? Ibu saya gak kenal kata “hang out”. Yang dia kenal kata “jajan” yang artinya gak boleh sering-sering.

Sekali-dua kali masih lah saya main ke kede kopi, biasanya jumpain temen. Tapi udah nggak kayak dulu yang hobi nyoba-nyoba tempat baru. Sekarang dimana biasanya kita ketemu aja. Bukannya ngikut slogan salah satu iklan minyak kayu putih, “Buat anak kok coba-coba?”. Tapi lebih ke tempat yang udah bikin cozy juga rasa kopi yang udah pasti enak.

Saya bukan maniak kopi, apalagi celana dalam. Saya termasuk orang yang buta rasa akan kopi. Menurut saya, kopi yang enak itu ya yang pahit legit, gulanya juga jangan banyak. Itu aja. Sanger yang enak itu ya yang rasa kopinya lebih dominan ketimbang susunya. Teh tarik yang nikmat itu ya yang komposisi antara rasa teh dan susu seimbang, bukan susunya sekaleng. Sesederhana itu.

Maka, saya sebenernya udah males nyoba-nyoba tempat baru. Sudah nyaman dengan tempat-tempat yang biasa saya datangi. Ini sama seperti bersandar di pundak seseorang. Saya sudah kadung nyaman bergelayut padanya. Sudah tidak ingin cari yang lain. Yang ini saja. Cukup.  



2 komentar: