Ulang Tahun dan Facebook


Sebelum jaman secanggih sekarang, tanggal ulang taun seseorang yang kita kenal biasanya disimpen di ponsel. Nanti, setiap tanggalnya tiba, akan ada “reminder” yang ngingetin kita, kadang juga suka dipasangin alarm sekalian. Biasanya diidupin sehari sebelum hari H, itu buat temen deket. Atau sejam sebelum tanggal, itu biasanya buat temen sekelas atau temen yang biasa aja. Ngucapinnya pun kadang sengaja nunggu jam 12 malem pergantian hari, supaya lebih “berasa” aja, semacam ada perasaan care dari kita untuk orang yang sedang berulang taun. Ya, anak sekolah masih melek jam 12 malem dulu itu udah hebat banget. Sekarang sih beda.

Jauh sebelum ponsel mengambil alih tugas mengingat ulang taun temen, ada diary yang ngemban tugas nginget-ginget gini. Inget dong semacam buku biodata gitu? Kalo ngakunya perempuan dan SD-nya dulu di taun 90-an, pasti gak asing dengan buku ini. Gambar sampulnya pun beragam, juga kertas yang berwarna-warni. Kadang dilengkapi kunci gembok pula. Ntah untuk apa itu. Buku ini sebenernya diary yang dialihfungsikan sebagai penyimpan biodata temen-temen. Bakal diedarin dari satu temen ke temen lain, minta mereka ngisiin biodata mereka. Biasanya data diri yang diisi adalah:

  • Nama lengkap
  • Nama panggilan 
  •  Tempat/tanggal lahir
  • Alamat rumah
  • Jumlah saudara kandung
  • Anak ke berapa
  • Cita-cita
  • Hobi
  • Makanan dan minuman favorit
  • Kesan dan pesan
  • Nggak lupa tanda tangan yang masih absurd bentuknya

Dari buku ini, kita bisa tau siapa yang ulang taun di bulan ini dan bulan-bulan selanjutnya. Ngucapinnya pun cuman bisa pas di sekolah. Kalo pas di hari libur, berarti diucapinnya nanti, pas masuk sekolah. Kasian.

Tapi sekarang, ulang taun temen itu udah perkara sepele. Ada facebook yang ngingetin kita setiap tanggal ulang taun temen. Ngucapinnya pun udah ogah repot-repot texting di ponsel dan dikirim jam 12 malem tepat. Kapan buka facebook, ya ngucapin. Dan ucapannya pun semakin singkat saja seiring waktu. “HBD. WUTB”. Wdf?! Kalo ternyata pas buka facebook, ulang taun si temen udah lewat, ngucapinnya sambil dibubuhin kata maaf karena telat. Gitu aja. No more respect for someone’s birthday.

Nggak begitu masalah sih sebenernya. Banyak juga kok yang nyembunyiin tanggal ulang taunnya di facebook. Alasannya sih males diucapin rame-rame dari orang-orang asing yang jumlahnya kadang sampe ribuan. Tapi ada baiknya, untuk temen yang kita anggap lebih, kita perlakukan lebih juga. Inget hari ulang taunnya dan seenggaknya diucapin lewat message. Terasa lebih istimewa untuk orang yang menerimanya.

Sebenernya tulisan ini saya bikin buat nyindir diri sendiri. Saya juga salah satu orang yang terbuai kecanggihan teknologi lalu menganggap perkara tanggal-tanggalan ini sangat sepele. Ada facebook, biarkanlah tekonologi yang menggantikan tugas otak. Sampai seorang teman menyanyakan tanggal ulang taun sahabat saya lalu saya terdiam, bukannya bersekongkol dengan sahabat saya tidak ingin memberitahunya. Tapi karena saya memang tidak mampu mengingatnya.


2 komentar:

  1. Martina21.50.00

    hahaha....betol banget tu len.
    aku salah satu orang yg gak tampilin tanggal lahir di FB.
    niatnya ya itu, seberapa banyak sih, kawan2 apalagi sahabat yang ingat sama hari ultah kita...
    *karena aq pribadi pd ingat sama ultah mereka, paling kalo gak ada pulsa, gak ucapin :D

    BalasHapus
  2. aih, aku jadi malu sama qe :D
    aku malah yang suka sepele :(

    BalasHapus