ITU POHON BERINGIN?

Saya enggak tahu ah! Beneran enggak tahu!
Tapi ini jelas-jelas kejadian. Padahal ini enggak lebih dari sekedar pohon beringin.
Keluarga saya nemu tempat baru untuk hang out.
*hahahaaa…enggak sedep tu saya pake kata hang out?
Ya. Tempat hang out baru sekalian ngadem. Tempatnya sejuk banget. Karena apa? Karena ada pohon beringin bertengger di depannya. Tempat apakah itu? Warung rujak.

Saya lupa sudah berapa kali kami kesana secara disengaja di siang bolong nan terik hanya untuk mengademkan diri. Makan rujak hanya alibi. Kebeneran juga rujaknya enak. Kalo enggak, saya yakin Ibu saya ogah kesitu. Prinsip Ibu saya adalah akan makan dua jenis makanan yang dijajakan di luar apabila:
1.      Makanan tersebut lebih enak dari bikinannya.
2.      Ibu saya belum bisa bikin.
Dan rujak ini termasuk ke alasan pertama.

Seperti siang-siang Minggu biasanya yang panasnya na’udzubillah, Ibu saya ngajak kami ngadem sambil makan rujak. Berangkatlah kami kesana.
Singkat cerita, kami duduk tepat di bawah pohon beringin tersebut. Piring rujak saya telah kosong. Di samping saya duduk Soekotjo yang sedang menghabiskan piring keduanya. Saya enggak tahu dia doyan apa laper.

Tiba-tiba, Bapak saya, sebutlah beliau Pak Hui, nyeletuk sembari menzig-zagkan pandangannya ke seluruh penjuru. Dia mendongak.

“Oh, pohon beringin rupanya?”, gitu dia nyeletuk.

“Lah, Bapak, udah beberapa kali kesini, baru nyadar itu pohon beringin?”, saya bales nyeletuk gitu.

Si Abang, yang sedang berkonsentrasi melahap rujaknya, ikutan nyeletuk:

“Masih mending nyadarnya sekarang. Coba kalo udah ketimpa, baru nyadar, Oh, pohon beringin rupanya?

Pak Hui: *nyengir

Saya: *ngakak guling-guling sampe rumah

Soekotjo: *ketawa

Si Abang: *ikutan ketawa

Bu As: “Jah. Seneng kali si Leni!”

Saya: “Buahahahahaaaaaaa……”

Pak Hui: *masih nyengir

Itu pohon beringin

0 komentar:

Posting Komentar